Powered by Blogger.

Pengertian dan Manfaat media relations Menurut Franks Jefkins


Ilustrasi : Publik Relations/ Google


Membina hubungan baik dengan media suatu keharusan dan tanggung jawab yang di bebankan kepada para Praktisi Publik Relations. menjaga keharmonisan antara perusahaan dan media yang harmonis kewajiban yang tak boleh di kesampingkan. sebab perusahaan dan media salaing membutuhkan. perusahaan membutuhkan media untuk publisitas perusahaan sedangkan media membutuhkan perusahaan untuk mendapatkan informasi yang nantinya di sampaikan kepada khalyak. 

Kegiatan pers relations dapat dimaknakan sebagai suatu hubungan dengan pers relations. maksudnya adalah komunikasi timbal balik yang dilakukan bagian dari humas dan suatu instansi kepada wartawan, yang dilandasi dengan saling pengertian, percaya dan memiliki tujuan untuk memberi informasi. 

Seorang pakar komunikasi yang terkenal di inggris dan amerika. Frank Jefkins, mengatakan, bahwa press relations adalah upaya untuk membangun citra positif suatu organisasi. 

Membangun hubungan pers mempunyai banyak manfaat. seperti :

  1.  membangun kepercayaan timbal balik dengan prinsip saling menghormati dan menghargai kejujuran dan kepercayaan.  
  2. membangun pemahaman mengenai tugas dan tanggung  jawab organisasi dan media.
  3. penyampain informasi yang akurat jujur dan mampu memberi pemahaman kepada publik. 
 Dalam Praktisi humas kegiaatan berhubungan dengan media dikenal dengan Media Relations atau hubungan media. berikut ini pengertian media relations :

Media Relations merupakan kegaiatan yang berhubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespons kepentingan media terhadap organisasi, Lesly (1991 : 7 ).

Media Relations atau hubungan pers ialah usaha untuk mencari publiksi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan permahaman bagi khalayak dari organisasi perusahaan yang bersangkutan, Frank Jefkins (19992 : 98).

hubungan pers (pers Relations) adalah upaya-upaya untuk mencapai publiksi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman kepada khalayak dari organisasi atau perusahaan  yang bersangkutan. Barbara Averill secara ringkas menyebutnya dengan publisitas ( Iriantara, 2008).



referensi :

Yuliana, Nina. 2014. Media Relathions. Yogjakarta: Graha Ilmu