Powered by Blogger.

Penjelasan dan Contoh : Konsep, Variabel dan Skala Pengukuran

Ilustrasi : Research/ google




1.  jelaskan dan berikan contoh apa yang dimaksud dengan konsep penelitian kuantitatif  ?

jawab  

 konsep adalah abtraksi dari fenomena yang dirumuskan berdasarkan ciri-ciri khusus dari fenomena itu dari hasil observasi lapangan. konsep- konsep yang ada pada umunya telah di beri nama tertentu. sehingga kalau nama itu di sebut orang akan mengerti  apa maksudnya, seperti : bila di sebut murid, pendidik, sekolah, maka orang telah mengerti maksudnya.

2. jelaskan dan berikan contoh apa yang dimaksudkan dengan variabel penelitian kuantitatif ?

jawab

variabel adalah segala sesuatu yang menunjukkan Variasi (bukan hanya satu macam), baik bentuk, besar, kualitas, nilai dan warnanya, dsb. contohnya : konsep murid maka akan ada variasinya. yaitu murid kelas 1, kelas 2, dsb. oleh sebab itu istilah konsep dapat di gunakan untuk menyebut variabel. kalau konsep adalah maknanya, kalau variabel adalah bahwa konsep itu terdiri dari beberapa variasi.

3. jelaskan jenis- jenis pengukuran variabel dan berikan contohnya ?

jawab

pengukuran adalah prosedur penetapan angka  (skala pengukuran) yang mewakili atribut yang dimiliki oleh Variabel . ada empat macam skala pengukuran yaitu :

a.  skala nominal yaitu rentangan angka hanya berfungsi untuk menunjukkan kategori secara terpisah ( deskriptif).

b. skala ordinal adalah rentangan angka selain menununjukkan katergori , juga menunjukkan jenjang, bahwa yang satu lebih tinggi dari pada yang lain. tanpa memperhatikan angka antara satu tingkat ketingkat yang berikutnya. contohnya : dalam kejuaraan skor juara satu 70, skor juara dua 60 dan skor juara tiga 45.

c. skor interval yaitu sama dengan skor ordinal hanya saja mempunyai jarak rentangan atau perbedaan kuantitas yang sama antara dua jenjang yang berurutan. misalnya skala 1-10, jarak skala 1-2 sama besarnya dengan jarak skala 2-3 yaitu satu. Dalam skala interval tidak dikenal angka nol mutlak artinya kalau seorang anak di beri nilai nol dalam sebuah tes, tidak berarti anak itu tidak ada kepandaian sama sekali.

d. skala rasio sama dengan skala interval hanya dia mempunyai angka nol mutlak. Skala ini paling banyak terjadi pada pengukuran benda eksak. Tidak pernah atau jarang sekali didapati dalam masalah sosial. Nol mutlak berti tidak mempunyai sama sekali , kalau panjang besi diukur dari nol, artinya dimulai dari titik awal besi, karena titik dianggap  tidak punya panjang.

4. jelaskan apa yang disebut dengan variabel bebas dan berikan contonya ?

jawab

 variabel bebas yaitu variabel yang menjadi sebab atau yang mempengaruhi variabel terikat. contohnya : baik buruknya prestasi dipengaruhi oleh minta pembaca dan sebagainya. minat pembaca tersebut adalah variabel bebas.

5. jelaskan apa yang di sebut dengan variabel terikat dan berikan contohnya ?

jawab

variabel terikat adalah variabel yang menjadi akibat atau yang dipengaruhi. contohnya Prestasi. 


referensi :
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif-kualitatif. Yogjakarta: Uin Maliki Press.