Powered by Blogger.

Lengkap: Hal yang Menyebabkan Pentingnya Komunikasi Antar Budaya dalam Kehidupan Konterporer



Hal yang menyebabkan pentingnya komunikasi antar budaya dalam kehidupan konterporer

          Dalam al-qur’an telah digambarka tentang aneka ragam, bangsa, bahasa dan warna kulit. Pandangan al-qur’an manusia adalah suci dan patut dihormati dan kita sebagai manusia mempunyai kewajiban untuk berbuat sesuai dengan perintah-Nya.

            Firman Allah, “tidaklah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu kami hiasi dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka ragam jenisnya dan diantara gunung-gunung itu ada garis putih dan merah beraneka macam warnanya dan ada pula yang hitam pekat dan demikian pula diantara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya dan jenisnya. Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hambanya, hanyalah orang-orang yang berilmu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (Qs. Al Fatir (35) : 27-28).
         
          Yang harus diperhatikan pada ayat diatas yaitu bagaimana tentang warna kulit diantara manusia yang berbeda-beda. Setiap manusia akan ada perbedaan bukan hanya dari kulit. Namun yang harus diperhatikan dari terjemahan kata terakhir “sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hambanya,hanyalah orang-orang yang berilmu. Hal itu menandakan bahwa bertapa berharganya orang yang mmepunyai ilmu. Dalam ayat lain Allah juga menyebut bahwa Allah akan menambahkan beberapa derajat orang yang mempunyai ilmu.

        Keterampilan harus selalu diasah. Memperbanyak skill akan sangat mempermudah untk mengapai cita-cita yang diinginkan. Mengingat bahwa kita diciptakan menciptakan manusia berbeda-beda. Ada laki-laki dan perempuan, hal itu untuk saling mengenal.
Lebih jelasnya bisa kita lihat firman Allah dibawah ini;
“ hai manusia sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

             Jika kita cermati dari ayat diatas bagaimana Allah memerintahkan kita untuk saling mengenal satu sama lainnya. Disitulah adanya interaksi antara seseorang dengan orang lain yang akan tercipta hubungan sosial. Disitulah terdapat tujuan kita untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Akan terjalin sebuah komunikasi yang akan mengantarkan manusia untuk menjalin hubungan dengan sesama.Dengan mempelajari komunikasi antar budaya ini akan sangat menguntungkan. Dimana seseorang bisa mengenal dan bisa melakukan hubungan antar budaya, baik ras, bangsa, sosio-kultural, negara maupun agama.

             Ada beberapa faktor menyebabkan pentingnya komunikasi kumonikasi antarbudaya, antara lain mobilitas, pola imigrasi, saling ketergantungan ekonomi, teknologi komunikasi, dan stabilitas politik. Liat Defito (1997).
Referensi;
Dr. H. Ahmad Sihabudin, M.Si. 2011. Komunikasi antarbudaya. Jakarta : PT Bumi Aksara