Powered by Blogger.

Pengertian Pengembangan Diri Menurut Para Ahli


ilustrasi pengembangan diri. sumber : pexels


Komponen yang menjadi poin terpenting untuk mencapai kehidupan yang potensial yaitu dengan melakukan pengembangan diri. melalui pengembangan diri atau personal development memungkinkan setiap orang mencapai dan bisa melampaui dirinya. Kegiatan pengembangan tersebut haruslah disadari oleh setiap individu, mengingat zaman yang terus berubah dan manusia harus melakukan pengembangan diri agar tidak terlindas oleh perubahan. 

Sebelum melakukan pengembangan diri dan bagaimana cara pengembangan diri tentunya kita harus tau dan mengerti dahulu pengertian tentang pengembangan diri. Sehingga mengetahui serta memahami seluk beluk dari kegiatan pengembangan diri. Dapat dipahami diri yaitu segala sesuatu yang dilakukan secara sadar menginvestasikan diri sendiri agar kita dapat mengontrol diri secara efektif dan efisien.

Untuk memudahkan memahami tentang pengertian pengambangan diri. berikut kita sajian pendapat para ahli :

  1. Pengembangan diri menurut " Marmawi (2009) adalah suatu proses meningkatkan kemampuan atau potensi dan kepribadian serta sosio emosional seseorang agar terus tumbuh dan berkembang"
  2. Tarmudji (1995) juga mengatakan bahwa pengembangan diri merupakan "mengembangkan bakat yang dimiliki, mewujudkan impian-impian, meningkatkan rasa percaya diri, menjadi kuat menghadapi percobaan dan menjalani hubungan yang baik dengan sesamanya". 
  3. Menurut Depag (2005) pengembangan diri adalah proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap melalui pengalaman yang berulang ulang sampai pada tahap otonomi "kemandirian" mengenai suatu perilaku tertentu. 
  4. Menurut Fahani (2003) pengembangan diri adalah pengembangan segala potensi yang ada pada diri sendiri, dalam usaha meningkatkan potensi berpikir dan berprasangka serta meningkatkan kapasitas intelektual yang diperoleh dengan jalan melakukan berbagai aktifitas. 
  5. Abraham Maslow, Pengembangan diri yaitu usaha individu dalam memenuhi kebutuhannya terhadap aktualisasi diri.