Powered by Blogger.

DEFINISI ADVERTISING/ PERIKLAN DAN JENIS-JENIS PERIKLANAN

Dalam bahasa inggris iklan dikenal dengan istilah advertising. Periklanan di definisikan sebagai suatu bentuk komunikasi nonpersonal tentang sebuah organisasi atau produk-produk diperkenalkan kepada khalayak yang sudah di targetkan sebelumnya. Dengan menggunakan media yang besifat massa. Banyak perusahaan maupun sebuah organisasi membidik audien yang menjadi targer pasar dengan tujuan untuk mempromosikan produk-produknya. Mereka memilih media massa karena banyak audien sehingga produk mereka akan lebih dikenal.

Hal ini sangat efisien untuk mencitrakan merek dan daya tarik tersendiri . para pemasang iklan harus pandai dalam menempatkan iklannya. Begitu banyak persaingan sehingga harus ada keunikan dan daya tarik tersendiri mengenai produk. Ciri khas suatu produk seperti kualitas yang di tampilkan akan sangat membedakan produknya dengan pesaing.

Sifat dan tujuan iklan bisa berdeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Begitu hal dengan konsumen yang menjadi sasaran dari iklan akan berbeda antara suatu produk dengan produk lain. Ada perusahaan yang ingin segera mendapatkan respon langsung terhadap iklan. Ada juga yang ingin membentuk suatu citra positif.

Jenis-jenis periklanan

Sebuah periklanan yang ditampilkan oleh pengelola pemasaran dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan. Untuk lebih jelasnya dapat kita uraikan sebagai berikut.

Iklan nasional

Sebuah perusahaan besar akan menggunkan jam tayang utama (prime time) di televisi untuk memasang iklan mereka secara nasional. Memanfaatkan iklan nasional akan menjadikan sebuah produk di tampilkan dengan mencakup konsumen yang luas. Mereka memanfaatkan kesempatan itu untuk menginformasikan merek yang diiklankan untuk mendongkrak penjualan. Bukan hanya itu saja tetapi juga untuk mencitrakan produk sehingga para konsumen terpengaruh untuk memilih penawaran mereka.

Iklan lokal

Iklan jenis ini dirancang dengan tujuan memperoleh penjualan secara cepat. Pemasang iklan ini adalah perusahaan pengecer atau perusahaan dagang tingkat lokal. Iklan ini bertujuan untuk mendorong konsumen berbelanja dan mengunjungi toko-toko yang menjadi objek sasarannya. dengan inisiatif khas, seperti lebih murah, lengkap, waktu operasi yang lebih luas dan sebagainya.

Iklan primer dan selektif

Iklan primer di sebut juga dengan primary demand advertising dirancang untuk mendorong permintaan terhadap jenis produk tertentu. Perusahaan pemengang merek produk tertentu menggunakan iklan primer sebagai bagian dari strategi promosi untuk membantu suatu produk , khususnya jika produk itu baru dan manfaatnya masih belum diketahui masyarakat.

Iklan selektif atau selective demand advertising memusatkan perhatian untuk meciptakan permintaan terhadap suatu merek tertentu. Iklan selektif lebih menekankan pada alasan untuk membeli suatu produk.



Referensi

Morrisan MA, 2010. periklanan : komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Kencana prenada media Group.